Bangsa Kita Perlu Renovasi



 Oleh: Wiwin Sholikhah


Dunia semakin berkembang, begitu juga seharusnya pemikiran dan ilmu kita. Berfikirlah bahwa kita itu generasi muda, maka kita lah generasi penerus bangsa. Dengan pemikiran yang demikian, sehingga pupuk lah dan berusahalah jadikan diri kita dan calon generasi penerus menjadi bangsa yang besar.
Di era globalisasi yang telah dihadapi kini, banyak problematika hidup yang semakin tidak wajar dan semakin memburuk. Lihatlah saja bagaimana keadaan negara Indonesa kita saat ini, apakah semakin buruk atau mungkin sudah sangat buruk? Ya, yang ada kini bangsa kita terus berada dalam ketertinggalan dan keterpurukan. Misalnya di bidang ekonomi saja tingkat pengangguran masyarakat kita masih tinggi. Kemiskinan cenderung naik dan pertumbuhan ekonomi cenderung turun.
Era globalisasi kini daya saing dunia semakin tinggi, sedangkan daya saing kita malah semakin melemah. Lihatlah saja negara-negara kawasan China, India, dan negara-negara kawasan Asia lainya yang kini semakin menunjukkan performance yang cemerlang dalam laju pertumbuhan ekonomi mereka. Nah bagaimana dengan negara kita?
Realita lain muncul dari dunia politik negara ini. Praktek politik negara ini berjalan semakin tidak sehat, yang ada semua berjalan secara keblabasan. Praktek busuk para wakil dan pemimpin rakyat yang tidak bertanggung jawab kerap saja muncul. Korupsi menjadi hal yang biasa bagi mereka. Bagaimana nasip rakyat ini jika para pemimpinya saja seperti itu?
Ya jelas, rakyat miskin dan lemah lah yang menjadi korban dari ulah mereka. Sehingga penderitaan sudah biasa menjadi teman hidup mereka. Tak sadarkah para pemimpin kita itu?
Memang telah menjadi kewajiban hukum melakukan reformasi termasuk dalam upaya pemberantasan para tikus liar negeri ini. Tapi mengapa kenyataannya masih saja terjadi kasus korupsi yang telah berjalan dengan begitu mulusnya
Ya inilah sebabnya mengapa timbuh lemahnya kepercayaan  masyarakat terhadap aparat hukum negeri ini.
Bukan hanya itu saja, kini HAM juga semakin tidak dihormati. Keadilan melemah, sehingga sering pula rakyat lemah lah yang menjadi korbanya. Dalam bidang sosial dan kemasyarakatan, kondisi kesehatan semakin memprihatin- kan, kurang keseriusan pemerintah dalam membangun pendidikan serta semakin lunturnya kebudayaan dalam negeri  yang menjadi watak bangsa ini. Semua itu menjadi sebuah tugas berat untuk diselesaikan.
Sebenarnya moral, karakter, ketaatan terhadap agama dan sifat nasionalisme individu yang kuat lah yang menjadi kunci kita untuk sebuah bangsa yang besar. Itulah mengapa bangsa ini perlu renovasi. 

0 komentar:

Posting Komentar