Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat

Mata pelajaran          : IPA
Kelas/Semester         : III/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.

Lingkungan Sehat  dan Lingkungan Tidak Sehat

A.   Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
Berekreasi ke kebun teh sangat menyenangkan karena udaranya yang sejuk dan segar. Apa yang menyebabkan udara di kebun teh terasa segar?

    
Lingkungan sehat memiliki beberapa ciri, seperti udaranya segar jika dihirup. Udara yang segar dapat tercipta karena banyaknya tumbuhan. Udara yang segar tidak berdebu dan berasap. Lingkungan sehat juga tidak bising. Di lingkungan yang sehat, airnya bening dan tidak berbau.
Bagaimanakah lingkungan yang tidak sehat itu? Tahukah kamu ciri-ciri lingkungan tidak sehat?

Lingkungan yang tidak sehat udaranya banyak mengandung debu, asap beracun, dan sangat kotor. Selain udara kotor, banyak sampah dan sungai yang kotor merupakan ciri lingkungan tidak sehat. Air sungai yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit.

B.   Lingkungan  yang Tercemar Tidak Baik bagi Kesehatan
Mari perhatikan keadaan Heni dan Lia ketika berdiri di tempat tanpa pepohonan pada siang hari. Heni dan Lia merasa kepanasan. Panasnya berasal dari sinar matahari.



Apa yang kamu rasakan jika berdiri lama pada siang hari di lapangan yang tidak ditumbuhi pohon? Sama seperti Heni dan Lia, kamu akan merasakan panas matahari yang menyengat. Keadaan ini tidak baik bagi kesehatan.   
Pepohonan menjadi tempat berteduh dari terik sinar matahari. Adanya pepohonan menjadikan udara dilingkungan tersebut lebih segar. 
Pepohonan juga berfungsi mengurangi pencemaran lingkungan. Tahukah kamu, apa penyebab pencemaran lingkungan di sekitarmu?
Lingkungan yang tidak sehat berarti telah tercemar. Lingkungan dapat tercemari oleh debu, suara bising, bau tidak sedap, dan air kotor.
Apakah lingkungan yang tidak sehat baik bagi kesehatan? Pencemaran yang berasal dari aktivitas manusia. Contohnya sampah dan limbah rumah tangga. Pencemaran ini menimbulkan penyakit tertentu, seperti diare dan muntaber.
Selain sampah dan limbah rumah tangga, limbah pabrik juga merupakan penyebab pencemaran air. Limbah pabrik umumnya mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.
Keadaan lingkungan yang bising juga tidak baik bagi kesehatan. Jika kamu tinggal di lingkungan yang bising, istirahatmu akan terganggu. Istirahat yang kurang menyebabkan kesehatan akan terganggu. Jika tidurmu tidak nyenyak, ketikan bangun kamu akan merasa lemas dan tidak bersemangat.

C.  Cara-cara Menciptakan Lingkungan yang Sehat
Tahukah kamu bagaima cara menciptakan lingkungan yang sehat?
Menciptakan lingkungan sehat dapat dilakukan dengan cara sering membersihkan rumah. Dapatkah kamu menyebutkan contoh-contoh yang lainnya!

Lingkungan yang tercemar dapat dicegah dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat. Agar tidak banyak lalat, tempat sampah harus ditutup. Ruangan dan prabotan yang terkena debu dibersihkan secara berkala.
Menciptakan lingkungan yang sehat dapat juga dilakukan dengan cara menanam tanaman berdaun hijau. Selain itu, menggunakan barang yang dapat didaur ulang dapat mengurangi sampah. Demikian juga, detergen yang mudah terurai di lingkungan membantu mengurangi pencemaran air.

Sumber:  Arifin, Mulyati, dkk. 2008. Ilmu pengetahuan alam dan lingkunganku 3 : untuk kelas III SD/MI. Jakarta : Tim Editor PT. Setia Purna Inves, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.


2 komentar:

404 mengatakan...

Sehat itu Nikmat. Yuk hidup sehat! Temukan segala macam tips kesehatan cuma tinggal sekali klik
disini

daud wibowo mengatakan...

untung ada ini artikel,, makasih

Posting Komentar